Makna Status Domain

Dibawah ini anda dapat menemukan penjelasan lengkap mengenai berbagai status sebuah domain, hal ini akan sangat berguna bagi anda yang mengalami hal - hal seperti berikut ini:

  • Ingin mendaftarkan ulang sebuah domain
  • Terlambat memperpanjang domain & ingin mengetahui apakah masih bisa diperpanjang
  • Memantau kondisi status domain apakah sudah expired / belum

Untuk mengetahui status sebuah domain, anda dapat menggunakan format alamat seperti dibawah ini dengan mengetikkannya pada browser anda untuk memudahkan pengecekan:

http://whois.domaintools.com/namadomainanda.com
http://whois.pandi.id (untuk domain indonesia)

Berikut ini adalah berbagai status domain:

ACTIVE:
Jika sebuah domain berada pada status ACTIVE, berarti domain tersebut berstatus aktif & bebas, dalam arti bebas dimodifikasi, dapat diperbaharui, dilakukan transfer ke registrar lain, dan sebagainya.

REGISTRY-LOCK:
Domain dengan status seperti seperti ini berarti tidak bisa dilakukan modifikasi perubahan data seperti WHOIS, nameserver & transfer. Namun anda akan dapat tetap memperpanjangnya (renewal) seperti biasa.

REGISTRAR-LOCK:
Status ini mempunyai penjelasan yang sama dengan REGISTRY-LOCK, tetapi kunci ini diterapkan pada sisi registrar. Apabila ingin melakukan perubahan data WHOIS, nameserver & transfer, maka kedua LOCK harus dipastikan sudah dibuka.

REGISTRAR/RENEWAL HOLD:
Domain ini sudah memasuki masa expired, sebelum & sesudah masa REGISTRAR HOLD, dari pihak registrar akan mencoba mengirimkan ulang email pemberitahuan kepada anda agar dapat diperpanjang sebelum masa REGISTRAR HOLD selesai. Periode ini biasanya berlangsung 30-40 hari (tergantung ekstensi domain) dan domain yang diperpanjang pada masa ini akan dikenakan tarif perpanjangan normal (sama sesperti registrasi baru)

REDEMPTION PERIOD:
Domain dengan status ini berarti sudah melewati masa REGISTRAR/RENEWAL HOLD tanpa diperpanjang. Jika anda ingin memburu suatu domain tertentu, maka hal ini merupakan suatu pertanda awal yang baik bahwa domain ini tidak akan diperpanjang lagi dan tinggal menunggu masa PENDING DELETE selesai. Periode ini biasanya berlangsung antara 30-40 hari dan jika ingin diperpanjang juga dimungkinkan, tetapi biayanya akan sangat tinggi berkisar antara 5 - 30x lipat biaya pendaftaran baru karena adanya denda Restore dari registrar domain.

PENDING RESTORE:
Status ini menandakan bahwa domain sudah kembali diperpanjang dari masa REDEMPTION PERIOD oleh pemilik lama.

PENDING DELETE:
Status ini menandakan bahwa domain anda sudah secara resmi masuk dalam daftar tunggu untuk dihapus secara total dari database registrar, termasuk halaman indeks google dan juga pagerank. Domain akan memasuki periode ini setelah masa Redemption Period selesai. Proses ini biasanya berlangsung beberapa hari, setelah itu domain akan kembali tersedia untuk didaftarkan ulang bagi siapa saja.

Jika anda ingin membeli ulang sebuah domain yang expired, maka secara keseluruhan waktu tunggu yang diperlukan dari sejak domain expired adalah sekitar 60-80 hari agar dapat dilakukan order baru.

  • 7 Pemakai menilai jawaban ini membantu
Apakah jawaban ini membantu?

Related Articles

Persyaratan Transfer Domain

Apabila anda ingin melakukan transfer domain (pemindahan manajemen) milik anda ke HostingCeria,...

WHOIS Protection

Pada domain anda akan dapat menemukan adanya fitur WHOIS Protection / Privacy Protection dimana...

Membuat URL Masking Dengan HTML

Dalam kasus tertentu jika anda membutuhkan membuat URL Masking tanpa melalui fitur bawaan pada...

Addon Domain

Addon Domain adalah istilah bagi pengguna cpanel dimana anda dapat memasukkan lebih dari 1 domain...

Pengaturan DNS Record Domain

Jika anda sudah membeli produk Domain Internasional kami (selain .ID) dan ingin melakukan...